Home / PT Badja Abadi Sentosa / Fungsi dan Jenis-Jenis Tokico Solar Flow Meter Untuk Kebutuhan Industri

article Fungsi dan Jenis-Jenis Tokico Solar Flow Meter Untuk Kebutuhan Industri cover image

Fungsi dan Jenis-Jenis Tokico Solar Flow Meter Untuk Kebutuhan Industri

Membicarakan solar flow meter tentu saja merek pertama yang kita ingat adalah Tokico. Tokico solar flow meter memang sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia khususnya untuk kebutuhan industri. Ada beragam industri yang sangat membutuhkan flow meter dari Tokico.

 

Tokico sendiri telah mengeluarkan beberapa jenis flow meter yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Akan tetapi, apakah Anda sudah mengetahui apa saja jenis-jenis flow meter beserta fungsinya? Simak selengkapnya karena di artikel ini Anda akan mendapatkan jawaban terkait pertanyaan itu.

 

Mengenal Flow Meter Solar Tokico

 

 

Tokico adalah sebuah brand flow meter yang sudah tidak asing lagi terdengar di telinga. Pasalnya brand satu ini sudah sangat lama menyediakan berbagai alat-alat industri khususnya adalah flow meter solar. Produknya dikenal memiliki kualitas jempolan dan terjamin.

 

Baca Juga : Jenis-jenis Tokico Flow Meter yang Berkualitas

 

Tokico sendiri adalah brand yang dimiliki oleh perusahaan Hitachi Automotive Systems, Ltd yang saat ini sudah berganti nama menjadi Tokico System Solution, Ltd. Dari tahun ke tahun produk ini terus berkembang dan memproduksi peralatan dengan teknologi mutakhir. Tidak hanya di negara asalnya, Jepang, akan tetapi produk Tokico juga di pasarkan di Indonesia.

 

Anda bisa mendapatkan produk Tokico original dengan membelinya di distributor resmi. Karena jika Anda membeli di sembarang tempat maka akan ada risiko produk tersebut palsu atau rekondisi. PT. Badja Abadi Sentosa adalah distributor resmi dan tunggal Tokico yang memasarkan flow meter solar.

 

Sebagai distributor resmi, tentu saja PT. BAS menjamin semua produk Tokico yang dijual adalah asli dan terjamin. Tidak perlu untuk mengkhawatirkan kualitas, PT. BAS memberikan garansi yang dapat Anda klaim jika produk rusak dan tidak awet.

 

Fungsi Tokico Flow Meter Tokico

 

Setelah mengenal Tokico flow meter, hal yang menjadi pertanyaan adalah apa fungsinya? Ini sangat penting Anda ketahui agar dapat memaksimalkan fungsi flow meter. Berikut adalah beberapa fungsi tersebut:

 

1. Untuk Menghitung Fluida

Flow meter berguna untuk menghitung material fluida. Setiap cairan yang masuk ke dalam flow meter akan dihitung dengan akurasi yang tinggi. Sebagaimana yang telah dijelaskan, jika alat ini cocok untuk menghitung dan mengontrol berbagai jenis minyak.

 

Flow meter Tokico memang dibuat khusus untuk kepentingan ini, yaitu pengukuran fluida. Produk Tokico sudah sangat dikenal memiliki tingkat akurasi yang baik untuk menghitung cairan minyak. Seperti minyak berat dan minyak ringan.

 

2. Membuat Proses Menjadi Efisien

 

Pada umumnya hasil dari pengukuran flow meter digunakan untuk penyesuaian besar kecilnya aliran fluida. Hal tersebut dilakukan supaya bisa memperoleh efisiensi dari sebuah proses pembangunan. Sehingga bisa menekan biaya yang seharusnya memang tidak dikeluarkan.

 

Contohnya adalah ketika Anda membangun industri manufaktur. Hal itu tentu menuntut Anda untuk memperhitungkan kebutuhan steam, fluida hingga udara. Besar kecilnya elemen-elemen tersebut harus dihitung secara rinci sesuai dengan kebutuhan produksi.

 

4. Menghitung Biaya

 

Sangat penting untuk menghitung konsumsi steam/udara/fluida karena ini menyangkut perhitungan biaya produksi. Terlebih dahulu Anda bisa mengetahui berapa besaran biaya fluida yang dapat diukur dengan flow meter. Nantinya Anda bisa memperoleh hitungan besaran biaya yang diperlukan dalam produksi.

 

Jenis-jenis Flow Meter

 

Anda telah mengetahui fungsi-fungsi dari flow meter secara umum. Lalu apa saja jenis flow meter solar yang ada di pasaran? Berikut informasi selengkapnya:

 

1. Flow Meter Analog

Sesuai dengan namanya, bahwa flow meter analog ini menggunakan pembacaan analog. Jarum akan menunjukkan angka sesuai dengan sistem pembacaannya. Adapun kelebihan dari sistem analog adalah tidak membutuhkan energi listrik untuk proses kerjanya.

 

Akan tetapi ini memerlukan kalibrasi yang berulang-ulang dalam penggunaan flow meter analog. Hal ini bertujuan supaya perhitungan flow meter tetap berfungsi dengan normal. Contoh flow meter analog yang sering ditemui sehari-hari adalah:

 

- Counter ticker PLN/PDAM

- Regulator gas di rumah

- Speedometer pada kendaraan motor dan mobil

- Pressure gauge yang terdapat pada pompa sepeda manual

 

2. Digital Flow Meter

Jenis flow meter selanjutnya merupakan pengembangan dari analog flow meter. Orang-orang menyebut jenis ini sebagai digital flow meter yang ditujukan untuk menghemat ruang dalam pemasangan flow meter. Itu karena flow meter analog sebelumnya memang membutuhkan ruang besar dalam menampilkan pembacaan.

 

Lihat Produk Kami : Tokico Flow Meter 1 Inchi Electronic CCG Digital

 

Berbeda dengan flow meter digital di mana hanya membutuhkan sebuah panel kendali dalam mengakumulasikan pembacaan beberapa flow meter. Akan tetapi kekurangan dari flow meter digital adalah sistem yang hanya dapat bekerja jika ada daya listrik.

 

Tanpa daya daya listrik maka flow meter tidak dapat dioperasikan. Digital Flow Meter dari Tokico ini terbagi dua, electronic CCG Flow Meter dan Electronic Oil Flow Meter. Perbedaan di antara keduanya:

- Display Electronic Oil lebih besar dibandingkan Electronic CCG
- Display Electronic Oil bisa digerakan sedangkan Electronic CCG tidak bisa
- Baterai Electronic Oil bisa sampai 10 tahun dan terdapat alarm jika baterai sudah mau habis, sedangkan Electronic CCG hanya sampai 3 tahun dan tidak terdapat alarm jika baterai akan habis. Jadi jika baterai habis flow meter ini bisa mati mendadak.

 

Beragam Pilihan Flow Meter Tokico

 

Informasi di atas merupakan jenis-jenis flow meter secara umum. Tokico sendiri telah mengeluarkan beberapa jenis flow meter yang bisa menjadi pilihan Anda. Berikut adalah beberapa pilihan Tokico flow meter:

 

1.  Roots And  Flow Meter

Untuk applicable fluid flow meter ini cocok untuk petroleum, pharmaceutical, food, chemical solutions, water, dan lainnya. Akurasi pengukurannya adalah +/-0,5% (0,2%) dan flow range 0.2 hingga 90,000 L/H.

 

2. Tokico Electronic CCG Flowmeter

Penggunaan Tokico flow meter ini cocok untuk fluid Petroleum. Sedangkan untuk tingkat akurasinya mencapai +/-0,5%. Adapun untuk temperatur fluida adalah 80°C dan memiliki diameter 15-25 mm.

 

3.  Vertical Type Non - Fluctuation Positive PD Flow Meter

Penggunaan flow meter ini cocok untuk fluid chemical solutions, petroleum dan produk petroleum. Sedangkan akurasinya adalah +/-0,5% (0,2%). Untuk flow range-nya adalah 2~1200 m3/h serta memiliki diameter 150~300 mm.

 

4.  Roots And Flow Meter

Produk ini cocok untuk pengukuran fluid diesel, kerosene, light oil dan heavy oil. Akurasinya adalah +/-0,5% serta flow range 5~200 m3/h. Apapun diameter yang dimilikinya adalah 150mm.

 

5.  Roots dan Flow Meter With Accuracy Adjuster

Pilihan yang kelima ini cocok untuk penggunaan fluid petrochemical, petroleum dan lainnya. Akurasi pengukuran mencapai +/-0,5% dan dengan accuracy adjuster 0,2%. Adapun flow range-nya adalah 0.004~160 m3/h.

 

Lihat Produk Kami : Tokico Flow Meter 1 1/2 Inchi Electronic Oil Digital

 

PT. BAS Sebagai Distributor Resmi Flow Meter Tokico

 

Di pasaran banyak sekali yang menjual produk Tokico palsu ataupun rekondisi. Biasanya produk semacam ini dijual dengan harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan yang asli. Sebagai kompensasinya produk akan mudah rusak dan tidak tahan lama.

 

Untuk mendapatkan produk yang berkualitas dan awet, Anda harus membeli Tokico Flow Meter Solar asli. Dapatkan produk tersebut di distributor resmi Tokico yaitu PT. Badja Abadi Sentosa. Produk yang Anda beli adalah asli, bergaransi dan juga terjamin.